Daily Calendar

Minggu, 26 September 2010

Bus Tingkat Di Cina

Dimanapun di dunia ini, bis selalu menjadi selalu angkutan umum yang paling banyak digunakan selain kereta api bawah tanah tetapi semakin banyak bis berarti jalanan akan semakin macet dan penuh.

Salah satu rencana pemerintah Cina untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat sebuah bis bertingkat dimana pada bagian bawahnya masih bisa dilewati oleh mobil sejenis sedan sehingga keberadaan bis ini tidak akan mengganggu lalu lintas yang ada.

rancangan gambarnya




Rencana yang diajukan oleh Shenzhen Hashi Future Parking Equipment Co., Ltd, ini mirip seperti sebuah kereta tetapi sebuah kereta yang berjalan di atas jalan raya yang sudah ada dengan tambahan rel khusus.

Tinggi kereta ini sekitar 4-4,5 m dimana terdiri dari 2 bagian yaitu bagian bawah yang merupakan seperti sebuah lorong yang bisa dilalui oleh mobil (tinggi maksimum 2 m) dan bagian atas merupakan tempat penumpang.

Rencana ini selain lebih mudah diterapkan dibandingkan dengan membangun subway, "bis bertingkat" ini juga lebih murah untuk pengadaannya.

Kerennya lagi, bis ini juga menggunakan tenaga surya dan listrik serta bisa berjalan dengan kecepatan maksimum 60 km/ jam dan dapat mengangkut penumpang sebanyak 1.200 – 1.400 penumpang.

Di bagian bawah terdapat beberapa sensor seperti sensor untuk memberitahu mobil bila terlalu dekat dengan dinding bis dan juga sensor di bagian belakang untuk memberitahu apabila ketinggian mobil melebihi tinggi lorong bis sehingga pengemudi di belakang tidak akan masuk ke dalamnya.

Rencananya proyek ini akan mulai diuji coba di Mentougou, Beijing dan perkiraan biaya sekitar 500 juta yuan (sekitar Rp. 660 milyar) untuk bis dan sebuah rel sepanjang 40 km.

Mahal? Tidak juga karena biaya ini hanya 10% dibandingkan harus membuat subway. Dan masih menurut mereka, setidaknya keberadaan bis ini bisa mengurangi kemacetan sekitar 20-30%, lumayan kan??

Jadi ini salah satu solusi untuk pemerintah Indonesia mengatasi kemacetan JAKARTA

2 komentar:

  1. @ RIZKY, systemnya sama seperti kereta api..
    cuma di tinggikan, dikasi lorong di bawah, bier mobil bisa lewat..

    BalasHapus